Ubah Mindset untuk Memulai Berbenah

Pasti kita merasa senang saat melihat hunian estetik yang bertebaran di sosial media. Belum lagi banyak video ‘Mamah Korea’ yang memperlihatkan bagaimana cara mereka menata dan membersihkan rumah. Seperti barang-barang yang tidak berserakan, tidak terlalu banyak furniture dalam ruangan, bahkan pajangan yang tidak berdebu. Bagaimana bisa rumah selalu tampak rapi seperti itu ya? 

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi rumah agar selalu rapi, bukan hanya sekedar rapi sesaat. Sebelum kita memulai membersihkan, memilah barang yang diperlukan atau tidak, membuat jadwal bersih-bersih, terlebih dahulu kita kuatkan mindset kita. Yah, mindset merupakan pondasi awal dalam proses berbenah kita.

MENGAPA MINDSET PENTING?

Karena tentu saja semua hal yang berkaitan dengan proses berpikir seperti hal yang membutuhkan kecerdasan, pengambilan keputusan, dan kebiasaan, berdasarkan dari mindset dan pola pikir kita. 

Yuk ikut kelas Gemari Pratama untuk menguatkan Mindset Berbenahmu! Kuota terbatas!

Contoh, kita mempunyai mindset menunda sebentar tidak apa-apa. Jadinya saat kita bangun tidur tidak langsung membersihkan tempat tidur atau menunda cuci piring untuk keesokan harinya serta membiarkan melihat barang yang bukan pada tempatnya. “Ah, nanti saja habis makan aku akan beres-beres,” atau “hmm.. Hari ini aku capek, mungkin besok saja akan kucuci piringnya.” Padahal siapa tahu ternyata keesokan harinya kita bangun telat dan bahkan tidak sempat membersihkan sesuai rencana kita. Alhasil rumah dalam kondisi yang kotor, berantakan bahkan tidak sehat.  

CARA MERUBAH MINDSET?

Pastikan kamu benar-benar ada alasan kuat untuk mau berubah. Milikilah mental bertumbuh atau growth mindset yaitu orang yang mau berubah, berkembang melalui pembelajaran dan pengalaman mereka, meskipun upayanya berbeda dengan sifat, minat dan tempramen awal. 

MEMBUAT MINDMAP

Untuk mempermudah proses berbenah, bisa dimulai dengan cara menuliskan impian kita memiliki hunian seperti apa, kondisi rumah saat ini seperti apa dan seperti apa yang ingin diubah, serta tujuan dan motivasi berbenah. Boleh juga loh memasukan unsur religi untuk memperkuat motivasi kita, seperti apa pun yang kita punya akan dipertanggungjawabkan. Jadi bisa menjadi dasar kita untuk hanya menyimpan yang kita butuh dan selalu memelihara kebersihan karena sebagian dari iman.

Jadi apakah bersih – bersih merupakan beban dan kamu belum mempunyai motivasi yang kuat untuk membuat rumah menjadi bersih dan rapi? Ubah mindset kamu ya agar berbenah menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ingat kondisi rumah mencerminkan kondisi pikiran kita. 

@chikakrachma