Start your Green Lifestyle

Gemar Rapi diundang sebagai pengisi materi dalam acara talkshow “start your green lifestyle using essential oils” yang diadakan oleh Blendtheoil. Dalam kesempatan ini Gemar Rapi yang diwakili kang Aang Hudaya yang memaparkan materi “membangun budaya minim sampah”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 2 November 2019 di Start Space Coworking Space , di Gading Serpong Boulevard, Tangerang .

Dalam mengangkat materi “membangun budaya minim sampah” kang Aang memulainya dengan pertanyaan kemanakah perginya sampah kita setelah keluar dari rumah.

Peserta diajak melihat dengan sekasama bahwa total produksi sampah terbesar saat ini 48% berasal sampah dari rumah tangga, dan prosentase didalamnya sekitar 60% merupakan sampah organik (sumber: sustainable waste indonesia). Dari data tersebut, mau tidak mau, kita harus mulai membuka kesadaran tentang pengelolaan sampah khususnya sampah rumah tangga. Dalam hal ini, metode gemar rapi sejalan dengan hidup yang berkelanjutan dan minim sampah, terdapat didalam pilar gemar rapi.

Yang dapat kita lakukan untuk mengurangi sampah rumah tangga adalah :

  1. Manfaatkan dan gunakan setiap benda yang kita punya semaksimal mungkin 
  2. Terapkan pola makan yang sehat.
  3. Perbanyak mengkonsumsi real food dan kurangi makanan kemasan  Mulai dari yang termudah dan tingkatkan perlahan -lahan . 
  4. Miliki biopori dan atau komposter di rumah . 
  5. Pilah sampah dari dalam diri dan rumah, sekurang-kurangnya pisahkan sampah organik dan anorganik.

Tidak hanya Gemar Rapi, Blend the oil sebagai tuan rumah acara juga berkolaborasi dengan berbagai komunitas untuk berbagi pengalaman tentang budaya minim sampah. Salah satunya juga, mereka mengundang green millennials, sebuah komunitas minim sampah di Bekasi yang berbagi informasi mengenai kondisi di Bantar Gebang dan melakukan kampanye hidup minim sampah juga. Terdapat pula narasumber lain, mbak Dewi @weddewi yang merupakan seorang praktisi less waste yang berbagi cerita tentang “less waste and less chemical home”.

Sampai jumpa di acara-acara selanjutnya.

*Liputan Oleh : Anggi Yukaesa (Gemar Rapi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!