Apa itu Saling Beri?

Saling Beri merupakan sebuah gerakan #MenataNegeri oleh Gemar Rapi

Cek definisinya menurut KBBI

Saling : kata untuk menerangkan perbuatan yg berbalas-balasan

Beri : serahkan atau bagi sesuatu kepada orang lain

Saling Beri memiliki arti menghidupkan kembali kepedulian kita terhadap penghuni sekitar rumah kita. Dalam hal ini, kita perlu saling mengenal dan berbagi terhadap sesama terutama tetangga kita. Kepedulian itu, tidak hanya dipandang dari sisi nilai spiritual saja namun juga dari sisi ekonomi. Siapa tahu, selama ini kita peduli dengan orang di luar kota, sementara ada tetangga sekitar kita yang kelaparan.

Gerakan Saling Beri sangat relevan dengan pilar-pilar Gemar Rapi. Misalnya, kita perlu berpikir ulang supaya tidak terjebak dalam konsumerisme dan berlebih-lebihan. Sehingga sebelum membeli sesuatu, bisa menanyakan terlebih dahulu ke tetangga-tetangga sekitar, siapa tahu ada yg punya dan ada yang mau dibuang.

Pun dalam berbenah, hasil decluttering kita yang tidak kita jual, bisa kita berikan kepada tetangga sekitar. Sehingga sebelum membuang barang, kita tanya dulu ke tetangga-tetangga kita, siapa tau ada yg perlu.

Tujuan Saling Beri

Tujuan Saling Beri yang digagas oleh Gemar Rapi yaitu membentuk budaya saling tolong menolong di lingkungan sekitar rumah.

Siapa tahu, sesuatu yang tidak berguna di rumah kita, ternyata diperlukan di rumah ‘tetangga’ kita 😃

Atau sebaliknya, misalnya apa yang sedang kita butuhkan, ternyata hampir saja menjadi sampah dan clutter di rumah ‘tetangga’ kita 😉

Saling Beri hadir untuk memfasilitasi komunitas suatu wilayah tertentu untuk dapat saling memberi sesama anggotanya. Memberi di sini artinya benar-benar memberikan barang dan juga memberikan pinjaman barang.

Adakah yang tahu Buy Nothing Project? Nah gerakan ini terinspirasi dari proyek tersebut. 🙂

Benefit menjadi Anggota Saling Beri

Keuntungan yang di dapat dengan menjadi anggota Saling Beri adalah dapat membantu kita menyalurkan barang yang sudah habis masa baktinya di rumah kita sehingga tepat sasaran. Arti tepat sasaran disini adalah betul-betul diberikan kepada mereka yang memang sedang membutuhkan barang tersebut.

Begitu juga sebaliknya, ketika kita memerlukan sesuatu, sebelum kita memutuskan membeli kita bisa tanya ke komunitas kita siapa tahu ada yang bersedia memberi atau meminjamkan. Tidak terbatas hanya pada benda saja. Saling Beri bisa juga digunakan untuk berbagi bahan makanan, hasil kebun, toiletries dll. Bahkan, Saling Beri juga bisa dimanfaatkan untuk saling bantu dalam menyelesaikan persoalan sisa konsumsi rumah tangga. Sky is the limit.

Contoh dari pemanfaatan Saling Beri untuk saling membantu dalam menyelesaikan persoalan sisa konsumsi rumah tangga.

Harapannya komunitas Saling Beri dapat memperlama ‘umur’ suatu benda/bahan sebelum jatuh ke landfill menjadi sampah 🚯 dan dapat mengurangi konsumerisme melalui azas tolong menolong.

Cara kerja Saling Beri

Dibuat melalui sebuah grup WA (whatsapp), idealnya dibentuk per komplek atau 1 kelurahan 1 grup. Namun sebagai awalan, kita buka cakupan wilayah yang cukup luas. Jika sudah banyak anggota, kita pecah sesuai tujuan awal.

Bagi siapapun yang mau membuka grup baru, diharapkan konfirmasi ke akun IG @salingberi atau ke https://www.instagram.com/salingberi/ atau bisa ke linktree https://linktr.ee/salingberi

Tujuan menghubungi IG supaya kontak Admin area tersebut bisa dicantumkan disana.

Admin WAG hanya bertugas untuk memverifikasi kebenaran wilayah/domisili calon peserta. Memasukkan peserta. Selebihnya, biarkan saja grupnya. Sesekali dicek apakah ada yang melanggar aturan grup. Satu peserta hanya boleh masuk ke 1 grup saja.

Didalam grup hanya boleh posting sesuai peraturan memberikan apapun barang dan boleh juga posting kebutuhannya.

Setiap anggota bisa memposting benda apa yang diperlukan/hendak diberikan di grup. Bisa dibagi menjadi 2 format, post Format : BERI (yang akan memberikan/meminjamkan sesuatu) atau TERIMA (yang hendak atau sedang membutuhkan sesuatu).

Contoh untuk Pemberi

Pemberi memposting pemberiannya, kemudian apabila ada yang berminat dapat langsung menghubungi pemberi secara private (reply privately).

Bila pemberi dan penerima sudah saling sepakat maka pemberi dapat memberikan alamat untuk penerima mengambil pemberian. Setelah sepakat dengan 1 penerima maka sang pemberi harus melaporkan ke grup dan menyatakan bahwa pemberian SUDAH DIBERIKAN.


Contoh Untuk Penerima

PENERIMA dapat memposting apa yang dibutuhkan di grup. Bila ada yang ingin memberikan/meminjamkan kebutuhan penerima maka dapat reply privately.

Apabila PENERIMA sudah mendapatkan apa yang dibutuhkan, maka update dengan mereply postingannya dengan menulis SUDAH DITERIMA.

Dilarang ! Baper (jika tidak mendapatkan bantuan/barang).

Dilarang melakukan Promosi atau menawarkan jasa atau kegiatan sewa menyewa!

Dilarang double keanggotaan. Jika peserta berpindah domisili, harap KONFIRMASI kepada Admin.

‼Tidak ada percakapan diluar topik
‼Dilarang Jual-Beli, melakukan transaksi dalam bentuk apapun

Melanggar aturan diatas, terpaksa dikeluarkan dari grup.


Format post chat group:

BERI (kemudian jelaskan barang yang hendak diberikan & alamat area)
TERIMA (kemudian jelaskan kebutuhan yg Anda butuhkan)

Komentator/perespons bisa reply by privat atau menunjuk tangan.

Pemberi yang sudah memberikan barangnya pd seseorang, cukup komen SUDAH DIBERIKAN, tanpa perlu menyebutkan nama.

Informasi :

Pendaftaran Anggota

Klik tautan pada lembar excel berikut ini.

Atau di link https://linktr.ee/salingberi

Apabila wilayahnya belum ada, silahkan menghubungi Instagram @salingberi.