Recipe for A Healthy Life

Dalam rangka hari pangan sedunia, Gemar Rapi mendukung serta mengkampanyekan gerakan yang diinisiasi oleh FAO (food and agriculture organizations of the United Nations) pada tanggal 16 Oktober 2019.

Tahun ini FAO mengangkat tema Healthy Eating dan #ZeroHunger.

Setidaknya ada 3 hal aksi yang bisa kita pilih : yaitu diet choices, planet choices dan Life Choices.

Mari kita bahas satu per satu.

Diet Choices

Eits, jangan terkejut dulu dengan kata ‘diet’ ya. Perlu kita bedah dulu, makna diet itu sendiri 🙂

Jelas kan ya? Diet merupakan aturan makan khusus untuk kesehatan. Jadi tujuannya adalah SEHAT, bukan langsing, hehehe.

So, yuk lanjut.

Ada pilihan apa saja didalam ‘Diet choices’ ini?

Setidaknya ada 5 hal yang disarankan oleh FAO :

mari kita bahas bersama

Lihat Bagaimana Pedoman Berdiet di Negara kamu

Pedoman diet di setiap negara memberikan saran tentang cara memastikan penduduknya mendapatkan nutrisi yang cukup untuk hidup sehat dan mencegah penyakit kronis. FAO mendukung negara-negara di dunia dalam pengembangan, pembaruan, dan penerapan pedoman diet ini, yang juga digunakan untuk mengembangkan kebijakan gizi dan program pendidikan.

sumber : kemenkes

Di Indonesia, diatur oleh kemenkes. Bisa baca tautan ini.

Tambahkan sayuran, buah, legumes, kacang-kacangan dan biji-bijian ke dalam makananmu.

Makan banyak sayuran dan buah-buahan segar, matang dan musiman setiap hari dan tambahkan lebih banyak legumes, kacang-kacangan dan biji-bijian utuh ke dalam menu diet kamu. Pedoman sumber link bisa baca di health harvard.

Legum dan kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang bagus. Terlebih lagi, kacang-kacangan bisa lebih murah daripada protein hewani. Kacang-kacangan juga ramah terhadap bumi.

Kurangi tepung, gula, lemak dan garam olahan.

Kurangi makanan dan minuman olahan industri yang kaya akan lemak jenuh, gula, dan / atau garam, dan cobalah untuk tidak makan terlalu banyak daging dan produk hewani lainnya.

Tukar makanan ‘putih’ olahan untuk pilihan ‘cokelat’ yang lebih bergizi.

Kapan pun kamu bisa, cobalah untuk beralih makanan olahan “putih” menuju cokelat dan jauh lebih bergizi setara (beras merah, tepung gandum dan roti dll).

Ketahui tentang lemak: tidak jenuh lebih baik daripada lemak jenuh dan lemak trans

Sementara lemak tak jenuh (ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan, dan di bunga matahari, kedelai, kanola dan minyak zaitun) adalah bagian dari diet sehat, kamu perlu memperhatikan asupan lemak trans yang diproduksi industri yang ditemukan dalam makanan goreng misalnya. Lemak jenuh juga harus dibatasi (ditemukan dalam daging berlemak, mentega, dll.).

Planet Choices

Setidaknya ada 4 hal yang perlu kita perhatikan

Pikirkan tentang lingkungan, kurangi food print kamu

Pertimbangkan dampak lingkungan dari makanan yang kita makan, misalnya, beberapa makanan memerlukan lebih banyak sumber daya alam seperti air untuk memproduksinya. Usahakan juga untuk menghindari membeli makanan yang memiliki kemasan berlebihan.

Diversifikasi makanan – pergi ke pasar tradisional, lokal dan konsumsi makanan atau buah musiman.

Diversifikasi menu dietmu dengan menambahkan makanan tradisional, ditanam secara lokal dan musiman, dalam upaya mendukung keanekaragaman hayati. Pelajari tentang nilai gizinya dan cari beberapa resep untuk memasak makanan menggunakan bahan-bahan ini.

buah musiman di Indonesia

Makanlah ikan bersumber ‘sustainability’

Ikan adalah sumber protein, vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3 tak jenuh ganda yang sangat diperlukan (umumnya tidak ditemukan dalam makanan pokok). Yakinkan sekitarmu, teman dan keluarga untuk makan spesies ikan yang lebih banyak, daripada ikan yang punya risiko ditangkap berlebihan. Kamu juga dapat membeli ikan yang telah ditangkap atau dibudidayakan secara berkelanjutan, seperti ikan berlabel ramah lingkungan atau bersertifikat.

Simpan makanan dengan benar agar tetap segar dan usahakan less waste.

Menyimpan makanan dengan benar dapat membantu membuatnya tetap segar, aman dan menghemat nutrisi berharga. Saat kamu menyimpannya di lemari biasa (pantry) atau lemari es, bisa coba pindahkan produk lama ke depan dan yang baru ke belakang. Gunakan wadah kedap udara untuk menjaga makanan segar di lemari es dan tutup paket untuk mencegahnya rusak. Untuk detailnya ada di materi dapurnya Gemar Rapi 🙂

Life Choices

Setidaknya ada 6 pilihan :

Makan di tempat kerja atau sekolah, tapi masaknya dari rumah. Ini baik untuk kesehatan kamu.

Banyak dari kita tidak menyiapkan makanan di rumah karena gaya hidup yang sibuk dan kita semakin bergantung pada pedagang kaki lima, supermarket, gerai makanan cepat saji, atau makanan yang dibawa pulang. Makan di tempat kerja atau sekolah itu penting untuk kesehatan kamu dan anak-anak kamu juga. Para peneliti mengaitkan hal ini dengan tingkat obesitas dan gangguan makan yang lebih rendah pada remaja.

Belajar membaca label.

Memahami label dapat membantumu memilih diet sehat. Label memberikan informasi tentang energi (biasanya kalori), garam, gula, dan lemak, dll. Dan membantu kita menentukan seberapa bergizi suatu produk. Dengan kemampuan membaca label juga memberi tahu kita apakah aman untuk dimakan atau tidak. Makanan mungkin masih aman untuk dimakan setelah tanggal “best before”, itu adalah tanggal “use by” yang memberi tahu kita saat itu tidak lagi aman untuk dikonsumsi.

Jadilah konsumen yang kritis dan jangan biarkan kemasan atau iklan mempengaruhimu.

Jadilah konsumen yang kritis dan jangan biarkan suatu bentuk kemasan makanan mempengaruhimu. Perhatikan nilai makanan apakah bergizi, bukan seperti apa bentuknya atau kemasannya. Beberapa kata yang umum seperti ‘nol’, ‘rendah’ dan ‘ringan’ X sering digunakan untuk membuat makanan terdengar lebih sehat, tetapi itu tidak selalu benar. Jeli dan upayakan kroscek mendalam tentang bahannya.

Berolah raga setidaknya selama 30 menit, setiap hari.

Orang dewasa harus meluangkan setidaknya 2,5 jam untuk aktivitas fisik setiap minggu, baik itu selama waktu senggang, olahraga, pergi bekerja, atau aktivitas fisik lain yang dilakukan, di tempat kerja atau di rumah. Anak-anak dan remaja harus mendedikasikan setidaknya 60 menit untuk aktivitas fisik setiap hari, melalui permainan, olahraga, perjalanan atau pendidikan jasmani.

Minta pilihan makanan yang lebih sehat.

Bicaralah dengan bos atau atasan kamu untuk memastikan ada pilihan makanan sehat di tempat kerja atau bahkan di kafetaria. Jika kamu punya ‘kekuatan’ atau ‘kebijakan’ disana, dorong pejabat setempat untuk memastikan ada pilihan yang lebih sehat juga tersedia di pusat penitipan anak (day care), sekolah dan lembaga-lembaga belajar lainnya.

Bicaralah dengan orang. Bagikan pengetahuan ini.

Makanan menghubungkan kita semua. Bantu orang-orang untuk terhubung kembali dengan makanan untuk memiliki gaya hidup #ZeroHunger dan apa artinya. Bagilah pengetahuan dan passion kesehatan kamu dengan orang-orang di sekitar: keluarga, teman, dan kolegamu. Misalnya, belajar memasak atau bertukar resep, menciptakan resep makanan sendiri, berpartisipasi di sebuah komunitas, atau mengatur makan malam dengan keluarga atau handai taulan.


Selesai part 1. next tema lebih detail lagi.

*bersambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *