Plastik Biodegrabale

Beberapa waktu lalu di salah satu alumni kelas sempat dibahas tentang Biodegradable Plastic yang digunakan beberapa supermarket untuk pelanggannya. Ada salah satu atau dua alumni yang memang menyaksikan sendiri plastik yang konon biodegradable itu setelah beberapa waktu menjadi serpihan-serpihan kecil.

Benarkah plastik tersebut terbiodegradasi?

Sayangnya tidak.

Plastik tersebut hanya ‘break down’ dari bentuk asalnya menjadi serpihan-serpihan kecil yang sesungguhnya menjadi masalah baru lagi. Yaitu lebih mudah diterbangkan angin dan terbawa ke perairan serta termakan oleh organisme lain dan dapat terhirup ke saluran pernafasan 😔. Serpihan tersebut pun masih tetap berbentuk plastik. Hanya bentuknya saja menjadi lebih kecil bahkan menjadi serbuk namun tetap membutuhkan ratusan tahun untuk benar-benar terdegradasi.

Ada lagi compostable plastic bags. Terkesan dapat dikomposkan. Namun, faktanya hanya dapat dikomposkan di fasilitas tertentu. Bukan secara home composting.

Kenapa hal ini penting untuk diketahui?

Karena, bila kita tidak paham, maka kita akan berpikir sudah menyelesaikan masalah dengan menggunakan plastik yang kita pikir biodegradable dan compostable.

Tentu ada plastik yang 💯% biodegradable bahkan edible. Namun dengan biaya produksi yang lebih mahal, tentunya tidak akan semudah itu diproduksi secara massal. Membawa tas belanja sendiri jauh lebih aman dan solutif 👌🏻

Salam, Menata diri, Menata Negeri

dari berbagai sumber

Referensi tambahan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *