Peluncuran Buku Gemar Rapi

Pendahuluan

Gemar Rapi mengadakan acara peluncuran dan bedah buku Gemar Rapi yang bertajuk menata diri menata negeri yang diadakan di Aula Dompet Dhuafa Pendidikan Jl. Raya Parung Bogor KM 42, Bogor. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari perwakilan komunitas dan masyarakat umum.

Kegiatan ini merupakan puncak acara dari rangkaian Hari Ulang Tahun Gemar Rapi yang pertama. Gemar Rapi yang didirikan pada tanggal 5 September 2018 oleh 5 Pendiri yaitu, Aang Hudaya, Khoirun Nikmah, Putriana Indah Lestari, Achmadi Bambang, dan Wanginingastuti M.

HUT-1 tahun Gemar Rapi

Acara diawali dengan tasyakuran Ulang Tahun berupa peluncuran buku ditandai dengan penarikan pita pada buku gemar rapi raksasa oleh para pendiri dan penulis didampingi oleh perwakilan komunitas Ibu Profesional se-jabodetabek yang juga hadir pada kesempatan kali ini.

Bedah buku ini dimulai dari pemaparan latar belakang terbentuknya Gemar Rapi, Pengalaman Pendiri Gemar Rapi, Pilar-pilar Gemar Rapi hingga penjabaran dari Metode Gemar Rapi. Setelah pemaparan dari para penulis, peserta melakukan tanya jawab dan diskusi terkait buku Gemar Rapi, peserta begitu antusias mengikuti sesi tanya jawab dengan banyaknya pertanyaan dan berbagi pengalaman terkait bebenah. Tak lupa sesi Kuis dan pembagian hadiah berupa buku-buku terbitan Bentang Pustaka dan pernak-pernik menarik dari para pendiri yang dibawa sebagai buah tangan dari negeri sakura. Kemeriahan acara tak lepas dari dukungan berbagai pihak diantaranya: Dompet Dhuafa Pendidikan dan Bentang Pustaka.

Kegiatan ini mengusung konsep zero waste, dimana peserta diminta untuk membawa wadah makan dan minum sendiri untuk dipergunakan mencicipi hidangan sehat berupa rebusan yang telah disiapkan pihak panitia, juga tanda mata yang diberikan berupa lap serbaguna yang dapat dipergunakan kembali sebagai pengganti tissue.

Latar Belakang

Buku Gemar Rapi


Latar Belakang buku Gemar rapi ini disusun, yakni berkaitan dengan sejarah dan potensi yang dimiliki Indonesia serta belum adanya panduan berbenah yang disusun berdasarkan permasalahan di Indonesia.

Cikal bakal gemar rapi awalnya adalah komunitas KonMari Indonesia, hingga pada tahun 2017 membubarkan diri dan terbentuklah organisasi gemar rapi yang mengangkat metode berbenah yang disesuaikan dengan problem di Indonesia.

Gemar Rapi memiliki visi menata diri, menata negeri yang diawali dengan berbenah dari dalam rumah. Gemar rapi merupakan sebuah organisasi profit dan non profit. Visi dari Organisasi Gemar Rapi, yaitu menjadi rujukan utama dalam menata diri dan merapikan ruman serta menanamkan semangat gemar rapi ke seluruh penjuru negeri. Sehingga gemar rapi memiliki misi:
Menanamkan semangat berbenah melalui metode Gemar Rapi
Meningkatkan kesadaran masyarakat, secara tatap muka ataupun lewat media sosial, tentang pentingnya hidup rapi.
Memberikan informasi dan pengetahuan tentang menata diri dan merapikan rumah.
Memperluas jaringan melalui pembentukan komunitas Gemar Rapi di setiap wilayah di Indonesia.
Berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan di Indonesia.

Walaupun Gemar Rapi bersifat profit, namun Gemar Rapi lebih berfokus untuk memberikan edukasi dibandingkan dengan bisnis. harapannya, metode ini dapat menjadi milik semua masyarakat Indonesia. Adapun program Gemar Rapi dalam ranah profit meliputi pengadaan jasa berbenah, workshop, seminar, kelas intensif Online hingga privat.

Pada awal 2019 Gemar Rapi membuka kelas online pertama yang merupakan kelas intensif dengan metode diskusi belajar melalui platform whatsapp dan google classroom. Kelas online dalam gemar rapi memiliki 3 tingkatan kelas yaitu Gemar Rapi Pratama, Gemar Rapi Madya dan Gemar Rapi Utama. kelas pertama yang diadakan yaitu kelas Gemari Pratama. di kelas ini, peserta mendapatkan wawasan, mengikuti diskusi, serta mengerjakan proses berbenah setahap demi setahap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!