Gemari Madya (Menata Diri) 2020

Hai, hai, hai!

Nungguin yaaa?

Pastinyaaa. Terutama angkatan pertama gemari pratama tahun 2019, satu tahun masa tunggu menuju level ini.

Seperti yang sudah kita ketahui sama-sama, metode gemar rapi ini bukan hanya sekadar berbenah rumah (fisik) namun juga berbenah secara holistik.

Di level pertama, kita belajar mempraktikkan materi berbenah rumah. Setelah gemari pratama lulus, kita naik ke level menata diri. Harapannya, setelah terbiasa dengan decluttering barang dan menata rumah sehingga rapi dan digemari, maka berbenah yang tak nampak (menata diri) menjadi lebih mudah diikuti. Intinya sama saja, ada proses declutteringnya juga namun di tahap ini kita berbenah yang abstrak. Bukan lagi berurusan dengan kekacauan di dalam rumah yang bisa dilihat dan disentuh oleh tangan.

Ada yag bertanya, apa perbedaan Gemari Madya tahun 2019 lalu dengan 2020 ini?

Selain berkaitan dengan durasi, tim kurikulum juga merombak sistem serta konten dari menata diri tahun 2019. Waktu itu, gemari madya di fase awal diikuti oleh alumni kelas KKI (kelas shokyuu dan chukyuu). Materi tidak terlalu dalam.

Keunggulan kelas Gemari Madya 2020

  • Jika tahun 2019 untuk 8 materi gemari madya (GM) memiliki durasi hanya 8 pekan, maka tahun 2020 diubah total. Hal ini disebabkan materi dan praktik kurang optimal karena durasi yang sangat singkat. Terutama pembentukan habit dan pengembangan materi yang lebih dalam. Tim kurikulum GM membuat timeline menata diri berdurasi lebih panjang. Yaitu 1 materi berdurasi 4 pekan (28 hari).
    Sehingga total keseluruhan materi GM dituntaskan selama 32 pekan (224 hari).
  • Karena otak kita tidak bisa dipaksa untuk terus-menerus fokus, maka sistem GM 2020 ini tidak lagi marathon, artinya kurikulum GM tidak langsung sekaligus ditawarkan. Kami membuat timelinenya selaras dengan timeline GP, yaitu dilakukan 4 bulan kemudian jeda. Sehingga untuk GM, kami susun dengan membuat 2 sub level (dipecah menjadi 2 klaster menata diri).

Klaster 1 fokus pada well-being dan life skill mendasar yang akan menjadi pondasi untuk klaster 2, yaitu dalam hal:
1) Jiwa (mind & soul)
2) Raga (body)
3) Time/task management
4) Problem solving

Setelah 1 klaster pada sub-level 1 ini tuntas, maka kita buka kembali level lanjutannya (klaster 2- syarat mengikuti level ini tentu lulus dulu di klaster 1).

Klaster 2 fokus pada life skill dan pembentukan habit yang lebih kompleks meliputi kemampuan dalam hal:
1) Mengenali & mengasah potensi diri
2) Komunikasi/kata
3) Manajemen uang
4) Stress coping

  • GM new chapter 2020, tidak lagi menggunakan aplikasi whatsapp yang rawan (digital) clutter. Platform GM nanti kami umumkan di dalam grup alumni. Platform ini bisa diunduh (berupa aplikasi) sekaligus juga bisa dibuka melalui browser (web).
  • GM new chapter 2020 kami datangkan nara sumber ahli di bidangnya. Dan difasilitatori langsung oleh pendiri Gemar Rapi.
  • Kami menyiapkan jurnal menata diri untuk peserta GM, sehingga penugasan jauh lebih asyik.

Untuk informasi selanjutnya, kami sampaikan di grup alumni Gemari Pratama.

4 Replies to “Gemari Madya (Menata Diri) 2020”

  1. Udah lama nunggu kelas ini dibuka.. udah ga sabar pengen ikut lagi.. merasakan semangat berbenah lagi.. terutama ingin segera berbenah emosi
    kira2 berapa biaya kelas ini ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *