8R/8i Gemar Rapi

Gemar Rapi memiliki tujuan selain hidup Rapi sebagai habit dan kegemaran juga mengharapkan Gemarians mampu hidup selaras dengan alam. Salah satunya yaitu ketika berbenah rumah jangan sampai benda-benda yang tidak digunakan itu dibuang begitu saja ke landfill agar tidak menambah beban bumi.

Oleh karena itu, didalam metode Gemar Rapi menyelipkan konsep 8R/8i didalam prinsip berbenah.

Apa sajakah 8r/8i Gemar Rapi itu?

1. Refuse/hindari

2. Reduce/kurangi

3. Reuse/pakai berkali-kali

4. Recycle/bentuk kembali

5. Rehome/donasi

6. Repurpose/alih fungsi

7. Replant/tanam kembali

8. Rot/ kembali untuk bumi

Kita membaginya menjadi dua kelompok, yakni preventif dan kuratif.

Khusus Preventif, yaitu Refuse dan Reduce.

Upaya Preventif

R pertama, Refuse

Refuse yaitu belajar untuk mengatakan tidak terhadap hal-hal yang memang tidak kita butuhkan. Stop penggunaan plastik sekali pakai sama sekali atau untuk tahap awal, say no to the big 4.

Empat besar plastik sekali pakai yang paling banyak terbuang ke landfill yaitu : botol kemasan air minum, tas/kantong plastik, sedotan dan cup kopi.

Selanjutnya jika memang tidak bisa menghindari, upaya pencegahan kedua adalah Reduce

R kedua- Reduce-

Reduce ini, kita bisa mulai belajar menguranginya secara bertahap. Kenapa kita terpaksa menggunakan/menerima plastik sekali pakai dalam keseharian? karena kurang persiapan kita, seperti tidak membawa tas ☝🏻. Oleh karena itu di momen plastic free ini upayakan untuk selalu bawa peralatan tempur kita karena kita tidak tahu kapan musuh datang menyerang 😁. Siapa tahu dalam 2 KM kedepan ada mamang siomay dan kita pengen 😋 nah kalau udah bawa kotak makan sendiri kan lebih enak langsung jajan.

Kemudian untuk ibuk-ibuk di rumah sebisa mungkin untuk Cook or dine-in. Some says happiness is homemade 😁🍛🥗

Bila terpaksa harus makan di luar usahakan untuk makan di tempat 😉. Dan jangan lupa bawa wadah/kontainer untuk membawa pulang makanan yang tidak habis (leftovers). Begitupun bila ingin take-away.

And the last (untuk upaya preventif). Biasanya setelah kita aware dengan dunia perplastikan, kita seperti punya radar plastik. Perasaan kok liat plastik di mana-mana ya 😆. Yes, that’s because it is everywhere 😌

Kita akan semakin memikirkan bahaya plastik. Burung makan plastik mati, ikan makan plastik mati, ada sedotan plastik stuck di hidung kura-kura… dan semua kisah dramatis yang terjadi di lingkungan kita. Just calm down… Yes! There’s a huge problem, let’s do something about it but… don’t be overwhelmed 😉.

Perlahan-lahan kita mulai dari diri sendiri dulu. Walau senewen lihat orang lain seenaknya buang-buang plastik, tahan diri. Be a nice agent of change. Ajarkan dengan contoh.

Upaya Kuratif

Selanjutnya, kita bahas R bagian kuratif.

Upaya kuratif ini mirip kita kalau udah jatuh sakit dan enggak bisa bangun lagi, mau gak mau harus ke dokter, berobat. Sama halnya dengan urusan persampahan, jika sudah terlalu overwhelm efek dari ketidaksadaran diri selama ini abai terhadap pengolahannya, so? kini saatnya untuk bergerak, berubah!

R yang ketiga adalah Reuse-

Reuse ini artinya pakai berkali-kali, misalnya bawa tas belanjaan ke pasar, bawa wadah makan, botol minum sendiri dan hal sederhana lainnya yang berdampak positif untuk pengurangan sampah. Selain itu, di Gemar Rapi juga punya filosofi, kalau beli barang usahakan memang pakai terus sampai tidak bisa berfungsi lagi. Prinsip dari Reuse adalah what you consume, you can always Repair & Repurpose

R keempat , Recycle

Bentuk kembali atau daur ulang, ini perlu adanya kerjasama dengan banyak pihak termasuk pemerintah yang memangku kebijakan karena di Indonesia masih belum banyak yang menyediakan.

R Kelima, Rehome

Rehome yaitu donasi. Dalam hal ini misalnya lagi berbenah sebisa mungkin cek apakah barang yang tidak disimpan masih bisa disumbangkan. Dengan catatan yang benar-benar layak dan bagus ya karena memberikan donasi juga ada adabnya.

R Keenam, Repurpose

Repurpose ini lebih mirip dengan reuse tapi usahanya upcycle. Misalnya menjadikan daster belel jadi serbet cantik. Sehingga mengurangi penumpukan sampah ke landfill.

R Ketujuh, Replant

Replant atau lebih kita kenal dengan regrow, ini urusan domestik yang tak pernah luput dari kehidupan kita wabilkhusus kaum wanita. Postingan tentang regrow sudah kita bahas pekan lalu ya.

R Kedelapan, Rot

Rot, atau kembali ke bumi artinya busukkan atau komposkan. ini juga sudah kita bahas di sini.

Dari uraian diatas jelas bahwa usaha utama kita paling mudah adalah upaya preventif, namun dalam hal hidup selaras dengan alam upaya preventif saja tidak cukup. Penting juga kita biasakan untuk meluangkan waktu untuk mengolah sampah kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *